JATINANGOR – Prilaku bersahabat dengan lingkungan hidup, haruslah ditanamkan dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya dalam lingkungan aktivitas akademik. Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu membutuhkan kontribusi nyata dalam bentuk tindakan, yaitu dengan melakukan sejumlah kegiatan yang dapat mendorong terwujudnya kampus Unpad yang lebih bersahabat dengan lingkungan. Dengan pemikiran tersebut, Dekan Fikom Unpad, Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos., S.H., M.Si, bekerja sama dengan sejumlah mahasiswa dari Fakultas Teknik Geologi (FTG), menginisiasi pembuatan 24 sumur biopori di kampus Fikom Unpad. Sumur biopori, adalah sumur resapan air sederhana yang akan melancarkan penyerapan air ke dalam tanah, di mana pengaplikasiannya pada lingkungan yang terlalu banyak bangunan diyakini mampu membantu kelancaran proses penyerapan air ke dalam tanah

Pembuatan sumur biopori di lingkungan Fikom Unpad, diresmikan dengan upacara sederhana yang melibatkan sejumlah dosen, karyawan, dan mahasiswa Fikom pada hari Jumat (18/11) di areal Plaza Fikom Unpad. Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Wakil Rektor Bidang Tata Kelola dan Sumber Daya, Dr. Sigid Suseno, SH., M.Hum, yang juga meresmikan acara secara simbolis. Dalam sambutannya, Sigid Suseno mengungkapkan kebahagiaannya atas kegiatan tersebut, sekaligus menyampaikan harapan untuk diadakannya kegiatan sejenis secara lebih luas lagi.

Sigid Suseno bahu-membahu bersama Dadang Rahmat, ‘mengebor’ satu titik sumur biopori untuk menandakan peresmian kegiatan secara simbolis. Setelah melubangi satu titik, baik Dekan Fikom dan Warek Unpad Bidang Tata Kelola dan Sumber Daya juga berbarengan menanam sumur biopori dengan menggunakan pipa paralon dengan penutup khusus. Selesai sesi peresmian, giliran segenap civitas akademik Fikom Unpad meneruskan proses pengeboran dan pemasangan sumur biopori di sejumlah titik yang tersisa di beberapa lokasi seputar Fikom Unpad. (SL)